Tuesday 20 January 2015

Wawasan Nusantara

Download document dan ppt Wawasan Nusantara




Pancasila dan Kewarganegaraan
Geopolitik Bangsa Indonesia (Wawasan Nusantara)

1.       Pokok Bahasan: Geopolitik Bangsa Indonesia (Wawasan Nusantara)
2.       Deskripsi:
Perkuliahan ini akan membahas mengenai pengertian Wawasan Nusantara (geopolitik bangsa Indonesia) dan latar belakang kemunculannya. Dibahas pula kedudukan, fungsi, dan tujuan wawasan nusantara. Di samping itu, dibahas pula bagaimana
perkembangan geopolitik di Indonesia dari masa lampau hingga kini. Implementasi Wawasan Nusantara sangat penting terutama dikaitkan dengan persoalan dengan negara tetangga, seperti Malaysia.
3.       Tujuan Instruksional Khusus:
a)    Mampu memahami pengertian geopolitik
b)    Mampu memahami dan mengurai latar belakang, fungsi, kedudukan dan tujuan geopolitik Bangsa Indonesia
c)    Mampu memahami sejarah perkembangan geopolitik bangsa Indonesia
d)    Memahami permasalahan yang menyangkut politik ruang (geopolitik) wawasan Nusantara
e)    Mampu menerapkan wawasan geopolitik bangsa Indonesia (Wawasan Nusantara) yang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.       Isi Pokok Bahasan:
A.      Pendahuluan
Kebenaran tertinggi hanyalah berasal dari Causa Prima, yakni kebenaran yang berasal dari Tuhan. Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna dan sekaligus terbatas. Selain itu Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan yang berbeda-beda. Dengan perbedaan kemampuan dan lingkungan telah membuat cara pandang yang berbeda pula. Keberagan dalam suatu negara sangat membutuhkan perekat. Perekat itu adalah berupa wawasan nusantara.
B.      Pengertian Geopolitik dan Teori Geopolitik
I.       Pengertian
Geopolitik dapat diartikan sebagai sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijakan dan strategi nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik (pertimbangan geografi, wilayah teritorial) suatu negara, yang jika dilaksanakan akan berdampak langsung atau tidak langsung pada sistem politik suatu negara. Sebaliknya politik negara tersbut secara langsung maupun tidak langsung juga akan berdampak pada geografi negara yang bersangkutan. (Kaelan MS, 2007; 122)
Jika dirunut dari asal katanya berasal dari kata Ge/Geo berarti bumi dan Politik berarti pengaturan hidup bersama. Dengan sederhana dapat dikatakan bahwa Geopolitik adalah pengaturan dan pengelolaan (politik) yang berkenaan dan berlangsung di atas letak tanah wilayah geografis di bumi itu sendiri (Pusat Studi Kewiraan UB, 1980: 34)
Istilah Geopolitik semula diartikan oleh Frederich Ratzel sebagai ilmu bumi politik (Political Geography). Namun kemudian istilah ini kemudian dikembangkan diperluas oleh ilmuan politik Swedia, Rudolf Kjellen (1864-1922) dan Karl Haushofer (1869-1964) dari Jerman menjadi Geografical Politics dan disingkat Geopolitik. Perbedaan istilah tersebut terletak pada tekanan pada politik ataukah pada geografi. Ilmu politik bumi (Political Geography) lebih menekankan dan mempelajari geografi dari aspek politik, sedangkan geopolitik menpelajari fenomena politik dari aspek geografi.


Bila ingin versi lengkapnya , silahkan download documentnya dalam format doc dan pptnya dibawah ini  

Wawasan Nusantara .doc


Wawasan Nusantara .ppt
DOWNLOAD

0 Comments: