Tuesday 20 January 2015

Geostrategis Bangsa Indonesia (Ketahanan Nasional)



Download document dan ppt Geostrategis Bangsa Indonesia (Ketahanan Nasional)


1.       Pokok Bahasan: Geostrategis Indonesia/ Ketahanan Nasional
2.       Deskripsi:
Perkuliahan ini akan membahas mengenai pengertian geostrategi dan latar belakang kemunculannya. Akan dibahas pula kedudukan, fungsi, dan tujuan geostrategi
Indonesia (ketahanan nasional). Di samping itu, dibahas pula konsep dasar ketahanan nasional di Indonesia. Pada tahan selanjutnya, Implementasi ketahanan nasional sangat penting terutama dikaitkan dengan persoalan masyarakat perbatasan (masyarakat terdepan).
3.       Tujuan Instruksional Khusus:
a)    Mampu memahami pengertian geostrategi
b)    Mampu memahami dan mengurai latar belakang, fungsi, kedudukan dan tujuan geostrategi dan Ketahanan Nasional Indonesia.
c)    Mampu memahami sejarah perkembangan geostrategi di Indonesia
d)    Memahami permasalahan yang menyangkut daerah perbatasan
e)    Mampu menerapkan geostrategi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.       Isi Pokok Bahasan:
A.      Pendahuluan
Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam keadaan perang dan damai. Geostrategi adalah suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi geografis negara dalam menentukan, kebijakan, tujuan, dan sarana untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. Geostrategi memberi arahan tentang bagaimana merancang strategi pembangunan guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, aman dan sejahtara.
B.      Pengertian Geostrategi
Setiap bangsa merdeka di dunia ini selalu berusaha untuk mempertahankan kemerdekaannnya dan berusaha mewujudkan cita-cita yang digariskan sebelumnya. Dalam proses mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional tersebut sebuah bangsa mau tidak mau selain harus mempunyai pemahaman serta pengelolalaan yang cermat akan konsep geopolitiknya, juga harus mempunyai strategi yang bersifat nasional yang didasarkan pada kondisi statis dan dinamis suatu bangsa untuk mencapai apa-apa yang dicita-citakan maupun apa-apa yang menjadi tujuan mereka. Maka konsep geostrategi sungguh merupakan sesuatu yang tidak bisa hindarkan dalam usaha sebuah bangsa mencapai cita-citanya.
Bagi bangsa Indonesia wawasan nusantara sebagai sebuah manifestasi ilmu geopolitik merupakan konsep nasional tentang realitas diri dan kondisi lingkungannya yang didasarkan pada konsep persatuan dan kesatuan wilayah, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan untuk mencapai tujuan sebagai bangsa merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Untuk lebih lengkapnya , silahkan download documentnya dalam format .doc dan pptnya dalam format .ppt



Geostrategi Bangsa Indonesia .doc


Geostrategi Bangsa Indonesia .ppt

0 Comments: