Tuesday 20 January 2015

KONSTITUSI

DOWNLOAD PPT KONSTITUSI


Pengertian

Istilah konstitusi berasal dari bahasa Perancis dari kata “constituer” yang berarti membentuk, jadi konstitusi berarti pembentukan.  Dalam hal ini yang dibentuk adalah suatu negara. Disamping itu terdapat istilah lain dari konstitusi, yaitu Undang Undang Dasar (UUD) yang merupakan terjemahan
dari Grondwet (Belanda), Gerunddgezetz (Jerman), Loi Constitutionel (Perancis). Dalam praktek, pengertian konstitusi diartikan lebih luas dari Undang Undang Dasar, tetapi juga ada yang menyamakan pengertian konstitusi dengan Undang Undang Dasar.
konstitusi menurut C.F. Strong, bisa berupa catatan tertulis, konstitusi dapat ditemukan dalam bentuk dokumen yang bisa diubah atau diamandemen menurut kebutuhan dan perkembangan jaman, atau konstitusi dapat berwujud sekumpulan hukum terpisah dan memiliki otoritas khusus sebagai hukum konstitusi.
Pengertian konstitusi menurut C.F. Strong ini merupakan pengertian yang luas, karena sebuah konstitusi tidak cukup hanya mengatur fungsi dan kewenangan kerangka  masyarakat politik (negara) termasuk didalamnya alat-alat kelengkapan negara yang diatur secara hukum, tetapi juga harus mengatur hak-hak rakyat yang diperintah dan hubungan keduanya.
 
 Untuk lebih lengkapnya , silahkan download pptnya di bawah ini. 
  
KONSTITUSI .ppt

0 Comments: